Mari Mengupas Tentang Sekuel Film Star Wars Seri 1-3 yang Sering Membingungkan Pemirsa

 

By Taliutam

Seri Pertama : The Phantom Menace (1999)

Mengambil setting 32 tahun sebelum BBY (Battle of Yavin).

Dimulai dengan perjalanan 2 Jedi yaitu Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi. Mereka menyusup ke dalam badan Republik Galactica . Mereka temukan fakta mengejutkan dimana Trade Federation ikut andil dalam penawanan Planet Noboo.

Kedua Jedi mencoba melindungi Ratu Padme Amidala dari Planet Noboo dengan harapan untuk mengamankan akhir damai dan perselisihan perdagangan antar planet.

Disini titik awal kisah Skywalker Saga. Dalam misi menyelamatkan Planet Noboo, saat di Planet Tatooine, Qui-Gon Jinn menemukan Anakin Skywalker yang berumur 9 tahun. Anakin ternyata memiliki Force yang kuat. Force adalah medan energi yang mampu menghubungkan seluruh kehidupan di alam semesta.

Jedi Master Qui-Gon Jinn curiga Anakin adalah anak terpilih dan ditakdirkan untuk membawa keseimbangan jagad Force.

Di sisi lain, Dewa Sith bersekongkol dengan Darth Sidious yang bekerja secara rahasia untuk menumpas Jedi serta menumbangkan sistem politik Republik Galactica.

Seri Kedua : Attack of the Clones (2002)

Latar waktu film ini maju 10 tahun, menjadi 22 tahun sebelum BBY (Battle of Yavin). Dalam cerita ini, Anakin jadi murid Jedi Obi-Wan Kenobi dan remaja yang murung. Kisah Anakin yang terus berlanjut beranjak remaja.

Di seri ini terdapat kisah percintaan Anakin Skywalker dengan Padme Amidala, meski hal ini ditentang oleh sang guru Obi-Wan Kenobi.

Sementara itu pemberontak Jedi Count Dooku membujuk sistem bintang untuk meninggalkan Republik dan bergabung dengan Konfederasi Sistem Independen nya. Dooku diam-diam ternyata murid Sith dari Darth Sidious, tokoh yang bekerja untuk Republik dan berusaha menciptakan kekacauan politik.

Seri Ketiga : Revenge of the Sith (2005)

Latar waktu urutan film star wars ini adalah 19 tahun sebelum BBY (Battle of Yavin).

Clone Wars dan Darth Sidious mengambil langkah terakhir terkait rencana mengambil alih galaksi, Republik berubah jadi kekaisaran Galactic saat Sidius menyatakan diri sebagai kaisar.

Anakin yang semula tokoh baik justru menyeberang ke sisi gelap dan berguru pada salah satu Sidius, Darth Vader, yang berusaha menghapus Ordo Jedi. Tanpa sepengetahuan Sith Lords, Padme Amidala melahirkan anak kembar Anakin yang diberi nama Leia dan Luke.